Kamis, 25 Maret 2010

Happy Nyepi Day

Dear Readers,


Beberapa waktu lalu ini di Bali ngerayain Ngrupuk..yaitu satu hari sebelum Nyepi dimana tiap-tiap banjar berkeliling ngarak ogoh-ogoh yaitu semacam boneka besar yang pada umumnya berwujud raksasa atau setan. Acara ini dimaksudkan untuk menghalau makhluk-makhluk jahat agar tidak mengganggu selama peryaan Nyepi berlangsung esok harinya. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, Ogoh-ogoh ini ga melulu berbentuk raksasa atau makhluk yang menyeramkan, ada juga yang berbentuk artis-artis atau tokoh-tokoh yang lagi ngetren saat ini. Seperti ogoh-ogoh di daerah Sanur ada yang berbentuk tokoh kartun anak-anak yaitu upin n ipin :D





Berikut ini saya singgung sedikit sejarah ogoh-ogoh masuk ke Bali.Ogoh-ogoh sendiri mulai diperkenalkan sekitar th 1993. Entah darimana inspirasinya, secara spontan anak-anak muda di Denpasar mulai membuat sebuah patung besar berbentuk binatang dari rangkaian bambu yg dihias, kemudian diarak keliling desa saat pengerupukan. Mendapat sambutan yg positif dari masyarakat luas, ogoh-ogoh pun berkembang dari tahun ketahun. Design ogoh-ogoh yg dulunya binatang, kini sudah berkembang menjadi bentuk raksasa, tokoh pewayangan, sampai tokoh kartun & pemain bola. Nilai artistiknya-pun tidak main-main, benar-benar bagus (seniman Bali gitu loh). Akhirnya mulai th 1998 ogoh-ogoh diperlombakan. Ironisnya, hadiah bagi pemenangnya cuman 1.5juta tidak sebanding dgn biaya membuat ogoh-ogh yg mencapai puluhan juta. Tapi semangat anak-anak muda Bali untuk berkarya tidak pernah pudar.






Pada mulanya ogoh-ogoh menginterpretasikan bentuk-bentuk abstrak dari bhuta kala atau energi kegelapan sehingga ogoh-ogoh Nyepi dibuat dalam bentuk makhluk menyeramkan sebagai refleksi sifat-sifat negatif agar tidak mengganggu alam semesta.


Namun, dalam perkembangannya ogoh-ogoh tidako lagi hanya sesosok boneka raksasa dengan wujud menyeramkan, namun kini kreativitas pemuda Bali telah mengembangkan ogoh-ogoh dengan wujud tokoh atau karakter yang tengah popular di masyarakat. Seperti ogoh-ogoh pemain sepakbola Ronaldinho hingga yang saat ini sedang tren di kalangan anak-anak karakter kartun Ipin dan Upin.



Biasanya sebulan sebelum hari ngerupuk para sekehe teruna-teruni di masing-masing banjar akan sibuk membuat ogoh-ogoh dengan segala macam bentuk dan ukuran,mereka pada umumnya membuat ogoh-ogoh tersebut hingga larut malam.kegiatan seperti ini menurut saya sangat bagus untuk mengasah kreatifitas mereka dan sekaligus ikut mengajegan seni budaya Bali.



Keesokan harinya tibalah hari raya nyepi,Hari Raya Nyepi adalah hari pergantian tahun Saka yang dirayakan setiap satu tahun sekali yang jatuh pada sehari sesudah tileming kesanga pada tanggal 1 sasih Kedasa, di mana pada hari tersebut seluruh kegiatan umat berhenti total, khususnya di Pulau Bali.pada hari ini masyarakat dilarang keluar rumah dan pemeluk Agama Hindu dianjurkan untuk menjalankan Catur Brata Penyepian,atau 4 macam hal yang tidak boleh dilakukan, yaitu, Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang), dan Amati Lelungaan (tidak bepergian). Dalam kesenyapan hari suci Nyepi ini kita mengadakan mawas diri, menyatukan pikiran, serta menyatukan cipta, rasa, dan karsa, menuju penemuan hakikat keberadaan diri kita dan inti sari kehidupan semesta.pada hari raya nyepi ini beberapa hal yang saya sukai adalah suara-suara bising yang hampir tiap hari saya dengar tiba-tiba lenyap,jalanan di Bali menjadi sunyi senyap,hanya ada pecalang(keamanan) yang bertugas mengawasi jalannya hari raya nyepi.bahkan dunia pun mengakui bahwa hari raya nyepi turut membantu mengurangi jumlah polusi kendaraan bermotor di Bali,yang sangat bermanfaat untuk Lingkungan.


Nyepi


Keesokan harinya yaitu hari raya Ngembak Geni, segenap isi rumah keluar pekarangan dan bermaaf-maafan dengan tetangga dan handai tolan yang ditemui, dalam suasana batin yang telah bersih dan dipenuhi kebijaksanaan.


Demikianlah segenap kisah saya tentang apa saja kegiatan masyarakat Bali pada hari raya Nyepi,semoga apa yang telah saya tulis ini bisa bermanfaat bagi saudara sekalian.

Selamat Hari Raya Nyepi,Tahun baru Caka 1932,semoga Ida Shang Hyang Widhi Wasa melimpahkan anugrahnya pada kita semua.


Salaammm......

Tidak ada komentar:

Follow This Blog