Minggu, 21 Maret 2010

Fakta Tentang Facebook


Kembali saya mencoba untuk menganalisa sebuah web dan mengumpulkannya menjadi sebuah wacana yang menarik tentang situs jejaring sosial yang paling pepuler saat ini yaitu Facebook. Facebook datang dengan beberapa hal yang menarik dari pada beberapa situs jejaring sosial lainnya dan mungkin ini yang membuat facebook menjadi banyak peminatnya terutama anak-anak muda yang suka gaul. Dan facebook boleh dibilang sudah mendarah daging bagi kebanyakan para pengguna internet di Indonesia.Sekarang ini jika seseorang tidak mempunyai facebook maka orang tersebut termasuk dalam golongan orang yang jadul, gaptek dll.

Sekarang ini Facebook berada pada peringkat pertama website yang paling banyak diakses dari para pengguna internet di Indonesia. Data ini membuktikan bahwa Facebook masih menjadi sesuatu yang wajib dikunjungi oleh para pengguna internet di Indonesia. Kemarin saya mencoba untuk mengumpulkan beberapa fakta yang lucu dan menarik tentang Facebook ini. Diantaranya :

1. Facebook Selalu Menggunakan Template Yang Simple.

Mungkin jika kita bandingkan dengan Friendster tampilan dari facebook sangatlah sederhana. Karena coba perhatikan pada friendster kita bisa merubah template sesuai dengan keinginan kita. Dan akibatnya jika template yang kita gunakan terlalu banyak menggunakan gambar atau ukuran gambarnya terlalu besar maka untuk mengakses friendster kita juga akan lambat dan lama. Dan inilah yang disiasati oleh facebook. Facebook menggunakan template yang sederhana dengan tidak terlalu banyak menggunakan gambar tetapi tetap enak untuk dilihat. Sehingga efek yang ada adalah website facebook sangat cepat saat kita mengaksesnya. Tetapi kelemahannya adalah kita sebagai user tidak bisa merubah template atau tampilan dari facebook kita.

2. Facebook Menggunakan Teknologi Ajax

Anda pasti sudah sering memberikan komentar terhadap status teman anda di facebook. Dan perhatikan pada saat anda mengisi komentar tersebut maka anda akan melihat komentar tersebut akan langsung tampil tanpa harus reguest halaman. Dan ini yang membuat facebook menjadi lebih simple dan interaktif.

3. Facebook Menggunakan URL Yang Sulit Untuk Di Ingat.

Mungkin facebook masih dalam tahap pengambangan. Atau facebook memang sengaja untuk tidak menggunakan nama user sebagai id untuk mengantisipasi penyalah gunaan nama user. Misalnya seorang user yang notabene bukan siapa-siapa menggunakan nama seorang selebritis sebagai url facebook mereka. Dan ini berakibat seorang artis yang mempunyai akun facebook tidak bisa mempunyai alamat url sesuai dengan nama mereka.

4. Mudahnya Membuat Aplikasi Facebook

Pada halaman user kita pasti menggunakan beberapa aplikasi yang bisa kita pilih dan menaruhnya pada block di halaman user. Dan beberapa aplikasi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan bukan dari facebook sendiri. Mengapa banyak orang yang bisa membuat aplikasi yang mampu terintegrasi dengan facebook. Ini dikarenakan facebook menyediakan sebuah API yang bisa digunakan oleh para pengembang untuk membuat sebuah aplikasi facebook.

5. Warna Utama Yang Digunakan Adalah Biru

Coba perhatikan pada logo facebook pasti anda akan melihat dominasi warna biru dengan text yang berwarna putih. Dan alasan apa yang membuat facebook menggunakan dua warna ini. Pertama, kemungkinan yang ada yaitu karena mungkin warna ini belum banyak yang digunakan oleh banyak pihak terutama warna ini tidak digunakan oleh para pesaingnya yaitu beberapa situs jejaring sosial yang telah lebih dulu hadir. Kedua, mungkin warna favorit dari pemilik facebook adalah biru. Ketiga, mungkin warna biru mempunyai cerita tersendiri bagi pemiliknya sehingga memutuskan untuk menggunakan warna tersebut. Dan beberapa kemungkinan lain yang bisa menjadi pertimbangan mengapa menggunakan warna biru.

Sumber:zonapencarian.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Follow This Blog