Rabu, 30 Maret 2011

Celtic F.C






Celtic Football Club (diucapkan "seltik", /sɛltɪk/ dalam IPA) adalah sebuah klub sepak bola Skotlandia, yang bertanding dalam Liga Utama Skotlandia, kompetisi tingkat tertinggi di Skotlandia. Klub ini berbasis di ujung timur kota Glasgow.

Klub ini mempunyai julukan resmi the Bhoys, atau yang tidak resmi the Hoops. Meskipun nama lengkap klub ini adalah The Celtic Football Club, ia sering secara keliru disebut "Glasgow Celtic" (atau "Celtic Glasgow"), khususnya oleh para komentator Inggris maupun asing.

Stadion kandang Celtic adalah di Celtic Park, yang saat ini merupakan stadion klub terbesar kedua di Britania Raya. Pada 2005/06, Celtic Park menarik rata-rata 58.150 penonton [1], yang membuat Celtic menduduki tempat kedua setelah Manchester United [2] dari rata-rata jumlah penonton dari klub sepak bola Britania manapun.

Bersama-sama dengan saingan mereka, Rangers F.C., mereka dikenal sebagai Old Firm yaitu salah satu persaingan yang paling terkenal dan keras dalam olah raga. Klub ini secara tradisiional diidentifikasikan dengan komunitas Katolik Glasgow.

Pada 1967, Celtic menjadi tim Britania pertama yang memenangi Piala Eropa. Sebelum kemenangannya yang bersejarah ini, tak satupun klub Eropa Utara yang pernah memenangi turnamen ini, yang biasanya dimenangi oleh klub-klub Italia, Portugal, dan Spanyol. Celtic memenangi setiap kompetisi yang mereka ikuti pada musim itu: Liga Skotlandia, Piala Scottish FA, Piala Liga Skotlandia, Piala Eropa, dan Piala Glasgow.

Sumber:wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Follow This Blog